Rabu

Mengajar Apa dan Mengapa

                  MENGAJAR APA DAN MENGAPA

            Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan mengajar dapat dilihat dari segi konteporer yang dapat ditemukan secara umum
·         Pertama
Mengajar sebagai upaya pengajar untuk mentransferkan pengetahuan atau pandangan, keyakinan, dogma, doktrin atau teologia yang dimiliki kepada pesdiknya, dan tugas pesdik adalah menguasai bahan pengajaran, mengetahui, dapat mengungkapkan ulang serta memahaminya secara kognitif.
·         Kedua
Mengajar sebagai usaha dari pengajar untuk menolong pesdik sedemikian rupa sehingga dapat melakukan konsep diri secara benar, dengan konsep diri benar pesdik diharapkan memiliki kesadaran diri atas kelemahan, kekurangan, dan kekuatannya.
·         Ketiga
Mengajar sebagai upaya pengajar untuk mengelola atau mengatur situasi sedemikian rupa sehingga peristiwa belajar dapat terjadi. Perenan pengajar adalah sebagai pembimbing dan juga memberikan dorongan dan pengaji hal-hal yang menunjang bagi kepentingan belajar pesdik.

Belajar sebagai Perubahan
Jika mengajar kita pahami sebagai upaya menciptakan terjadinya peristiwa belajar. Tetapi pengertian belajar perlu dibicarakan terlebih dahulu tindakan belajar bukanlah sekedar menerima pelajaran lalu menghafalkannya apalagi dilakukan tanpak tindakan. Belajar dapat kita artikan sebuah proses perubahan yang dialami oleh seseorang dalam kepribadiannya dan perubahan dapat terjadi dalam segi intelek atau kemampuan berpikir.
Belajar Bersifat Dinamis
Belajar merupakan proses dinamis artinya perbuatan belajar terjadi terus menerus dalam kehidupan individu yang bahkan dapat berlangsung seumur hidup dan kedinamisan senantiasa bertumbuh dan berkembang. Peristiwa belajar juga senantiasa melibatkan berbagai faktor baik secara internal maupun secara ekstranal. Internal berarti bahwa peristiwa belajar itu terjadi dalam diri internal, dengan demikian kesuksesan peristiwa belajar senantiasa melibatkan atau dipengaruhi oleh motivasi pesdik, perhatian, daya penerimaan, kemampuannya, mengelolah kembali dari apa yang dipelajari, serta kemampuannya untuk menerapkan hasil belajar.
Mengapa Kita Mengajar
Mengapa perlu mengajar artinya kita perlu memiliki fondasi pemahaman mengenai tugas yang kita emban, khususnya ditinjauh dari perspektif iman kristen. Jika seorang guru mengapa ia melakukan tugas mengajar maka ia akan memiliki daya dorong dalam rangka meningkat kualitas layanannya demi peningkatan mutu hidup peserta didiknya
Allah sebagai pengajar
Alkitab sebagai sumber bagi dasar dan prinsip hidup kristiani yang menjelaskan bahwa didalam manusia untuk lebih mengenal dia, Allah telah berperan sebagai pengajar, sebagai pengajar ai aktif memberikan kebenaran, kebenaran itu sendiri adalah pribadi-Nya, firman-Nya, bahkan pribadi-Nya.

GURU DAN KUALITASNYA
            Guru merupakan jembatan dan sekaligus agen yang memungkinkan pesdik berdiolog dengan dunianya. Guru terpanggil untuk mendorong pesdik menimpah pengetahuan, pemahaman, atau memberikan kontribusi bagi dunianya. Guru perlu sekali mengembangkan pandangan yang baik untuk menyukseskan misinya dalam memperbaiki mutu pendidikan dan pengajaran disekolah atau gereja tidak cukup dengan memgembangkan ketrampilan teknik serta mekanisme mengajar dan belajar. Guru yang profesional yakni yang melihat konteks sosial yang lebih luas dalam kegiatannya sehari-hari, serta secara fleksibel mengantisipasi perubahan, mengedopsikan metodenya dengan tuntunan kebutuhan baru serta menghadapi tuntunan atau pun tantangan yang mengahadang dirinya.
KEUTAMAAN KUALITAS GURU
            Guru adalah segala-galanya artinya banyak segi dari kedudukan dan peranan gurudalam membentuk, membimbing, dan memperlengkapi anak didik, tugas seorang guru sebagai pembimbing, pendidikan, pembaru, teladan baru, pencari gagasan baru, penasihat, pencipta, otoritas, panggilan cita-cita, penutur cerita, dan sebagai penilai. Guru terpanggil sebagai orang ideal dan bagaimana pun ia juga harus hidup secara realistis dan harus berprofesional.
Guru Profesional
            Guru yang berprofesional sedikit harus memiliki ciri khas
·         Keterandalan layanan
·         Layanan yang khas itu, harus dihargai oleh masyarakat dan pemerintah, selanjutnya suatu layanan dinyatakan dapat diandalkan
·         Pemberi layanan menguasai betul apa yang dikerjakan
·         Layanan dapat mempercayai bahwa kemaslahatannya
Berbagai segi peranan Guru
·         Ia diharapkan tampil sebagai seorang ahli yang realatif tahu banyak tentang apa dan bagaimana dari bahan yang diajarkan.
·         Guru sebagai monitor, tugas ini sangat mendasar mengingat peristiwa belajar pada dasarnya berlangsung pada diri pesdik
·          Guru sebagai fasilitator dengan peran ini guru terpanggil untuk memahami kebutuhan atau keperluan pesdik dalam proses belajar
·         Guru sebagai pemimpin, mengelola terjadinya peristiwa belajar, ia menemanpatkan dirinya sebagai otoritas namun tidak berlaku secara otoritatif
·         Guru sebagai komentator dan komontitator dalam kaitan ini guru adalah memberi penilaian terhadap kemajuan pesdik
·         Guru sebagai agen sosialisasi dengan peran ini guru berupaya membantu pesdik mengalami pesdik mengalami interaksi edukatif, saling mengenal dan saling mengisi melalui diskusi dan kerja kelompok
·         Guru sebagai pelajar guru baru sadar bahwa pengetahuan berkembang bahwa pesdik yang dihadapinya berubah-ubah akan mengalami ketertinggalan.
Bidang Kemampuan Mengajar
·         Segikemampuan memahami menetapkan tujuan pengajaran, tujuan pengajaran memberikan arah kemana pesdik akan dibawah untuk mengalami perubahan
·         Segi kemampuan mengelola kelas dengan baik pengelolaan ini merupakan tugas organisator dan menejerial setiap guru.
·         Memilih metode mengajar yang cocok tujuan dan bahan pengajaran
·         Kemampuan dan ketrampilan dan menyajikan pelajaran
·         Kemampuan menciptakan suasana belajar yang baik
·         Perencanaan dan pelaksanaan evaluasi

2 komentar:

  1. Anonim21:55

    smga mnjadi Guru yang profsinal.................susks sllu buat karya tulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh Amin matur nuwun' ini elmu pas kuliah kok mas ixixix

      Hapus